Minggu, 06 Januari 2019

Contoh Instrumen Penelitian Berbentuk Angket


ANGKET MOTIVASI BELAJAR  


Identitas Responden   :
Nama                                                                                          : 
Jenis Kelamin                                                                    :
Petunjuk :
                                                                                       Angket ini berisi 44 item pernyataan tentang motivasi belajar. Bacalah dengan cermat setiap pernyataan tersebut. Kemudian, berikanlah jawaban dengan cara memberi tanda cek (√) pada salah satu pilihan jawaban yang paling sesuai dengan tingkat persetujuan Anda, dengan pilihan jawaban sebagai berikut :
SS                                                                                    : Sangat  Sesuai
S                                                                                      : Sesuai
CS                                                                                    : Cukup Sesuai
KS                                                                                   : Kurang Sesuai
TS                                                                                    : Tidak Sesuai 
Jawaban Anda, tidak menuntut jawaban benar atau salah dan tidak berhubungan dengan penentuan kelulusan atau hal lain yang akan merugikan Anda di sekolah ini.Kesungguhan dan kejujuran Anda dalam menjawab merupakan bantuan yang amat berguna. Karena itu diharapkan Anda menjawab semua soal yang tersedia.
Atas bantuan dan kerjasamanya, diucapkan terima kasih.


            Peneliti,



AHMAD MIFTAH



ANGKET MOTIVASI BELAJAR

NO
PERNYATAAN
SKOR
SS
S
CS
KS
TS
1.
Saya rajin ke sekolah terutama mata pelajaran yang saya sukai.
2.
Saya ragu dengan kemampuan yang saya miliki dalam memahami penjelasan guru
3.
Saya senang mencari informasi yang berhubungan dengan pelajaran, karena bisa memperkaya ilmu kita.
4.
Saya merasa tidak mampu menyelesaikan setiap tugas mata pelajaran yang diberikan
5.
Saya suka mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca buku pelajaran.
6.
Saya kurang memperhatikan pelajaran yang saya tidak senangi
7.
Saya hadir tepat waktu ketika belajar pada mata pelajaran yang saya anggap gampang.
8.
Saya malas bertanya kepada guru kalau ada pelajaran yang tidak saya mengerti.
9.
Bila menghadapi kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran, saya berusaha menemukan alternatif pemecahannya.
10.
Saya lebih suka pergi ke kantin sekolah dibanding pergi ke perpustakaan
11.
Saya memandang bahwa hasil belajar yang saya dapatkan adalah kemampuan saya sendiri.
12.
Saya menghindari pelajaran yang saya anggap sulit.
13.
Saya telah membuat jadwal kegiatan di rumah, sehingga saya mengetahui kapan saya harus belajar
14.
Saya merasa putus asa bila menghadapi kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran
15.
Saya menghabiskan banyak waktu untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan pelajaran di sekolah.
16.
Sebagian besar waktu saya habis untuk bermain dan nonton TV.
17.
Ketika ada pelajaran  yang saya kurang pahami, saya bertanya pada orang yang lebih mengerti.
18.
Saya menghabiskan sebagian besar waktu belajar untuk bergosip dengan teman.
19.
Saya mengisi waktu luang dengan cara mengulangi pelajaran sekolah
20.
Saya merasa tidak mampu dalam menghadapi pelajaran yang sulit
21.
Jadwal belajar yang telah saya buat akan kuikuti dengan perasaan senang.
22.
Saya lebih suka nonton TV dibanding belajar.
23.
Saya telah merencanakan kegiatan belajar setiap hari.
24.
Saya merasa tidak mampu menyelesaikan setiap tugas mata pelajaran yang diberikan
25.
Saya yakin bisa memahami setiap pelajaran yang diajarkan oleh guru.
26.
Saya tidak memiliki jadwal belajar dirumah
27.
Saya percaya bisa mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru.
28.
Meskipun saya telah merencanakan untuk belajar sesuai jadwal  belajar, saya tetap malas untuk belajar
29.
Meskipun saya tahu resiko kegagalan itu ada, saya tidak takut memperjuangkan cita-cita saya.
30.
Bila saya ditegur oleh guru saya tidak menghiraukannya.
31.
Meskipun saya tahu tidak akan mendapat prestasi yang baik, saya akan tetap berusaha dan belajar.
32.
Bila saya gagal menyelesaikan tugas dari guru, saya akan mengabaikan tugas-tugas tersebut dan akan mengerjakan aktivitas lain.
33.
Bila ada PR yang diberikan oleh guru, saya tidak akan menunda mengerjakannya
34
Ketika sayatidak mengerti tentang apa yang dijelaskan oleh guru di depan, saya akan bertanya
35.
Jika seseorang menghambat aktivitas belajar saya, maka saya akan mencari alternatif untuk mengatasi hambatan itu.
36.
Bila saya mendapat kritikan dari teman, saya merasa putus asa
37.
Bila saya diberi tugas sekolah oleh guru, saya akan mengabaikannya
38.
Bila ada tugas yang tidak saya ketahui jawabannya, saya menyimpan tugas itu dan memilih bermain.
39
Bila saya tidak mampu menyelesaikan tugas-tugas mata pelajaran pada kesempatan pertama, saya akan mengerjakan tugas-tugas itu sampai berhasil.
40.
Jika menghadapi PR yang sulit, maka saya memilih untuk melihat pekerjaan teman
41.
Ketika saya keliru dan dikritik oleh guru, saya sangat senang karena itu menambah ilmu saya.
42
Saya merasa sangat malu jika mendapat nilai jelek, karena bagi saya itu hal yang sangat memalukan.
43.
Jika saya mendapat nilai jelek, saya yakin akan mampu memperbaikinya.
44.
Saya takut mencoba sesuatu karena pikiran saya dibayang-bayangi oleh kegagalan.


KISI-KISI ANGKET  MOTIVASI BELAJAR

Variabel
Aspek
Indikator
Item
Jumlah
Positif
Negatif
Motivasi Belajar
1.    Pilihan


-          Tertarik pada mata pelajaran tertentu
1,7
12,10
4
-          Rajin mencari informasi tentang pelajaran tertentu
5,3
4, 6
4
2. Keyakianan untuk sukses


-          Gambaran Keberhasilan
27, 25
8, 2
4
-          Membuat Rencana
13, 25
26, 22
4
-          Kemandirian bertindak
17, 21
24, 28
4
-          Menyediakan waktu  
19, 15
16,10
4
-          Berusaha memperkirakan hasil berbagai strategi
11, 9
14, 20
4
-          Kemampuan membuang strategi yang tidak menjanjikan
35, 33
40, 44
4
3. Keuletan dalam berusaha
-     Keberanian menghadapikegagalan
29, 31
42, 38
4
-          Kemampuan bangkit dari kegagalan
43, 41
32, 30
4
-          Gigih terus berusaha kalau usaha pertama gagal
37, 39
34, 36
4
Jumlah
22
22
44



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindari Doktrinasi Terorisme