ANGKET MOTIVASI
BELAJAR
Identitas Responden :
Nama :
Jenis
Kelamin :
Petunjuk :
Angket
ini berisi 44 item pernyataan tentang motivasi belajar. Bacalah dengan cermat
setiap pernyataan tersebut. Kemudian, berikanlah jawaban dengan cara memberi
tanda cek (√) pada salah satu pilihan jawaban yang paling sesuai dengan tingkat
persetujuan Anda, dengan pilihan jawaban sebagai berikut :
SS :
Sangat Sesuai
S :
Sesuai
CS :
Cukup Sesuai
KS :
Kurang Sesuai
TS :
Tidak Sesuai
Jawaban Anda, tidak
menuntut jawaban benar atau salah dan tidak berhubungan dengan penentuan
kelulusan atau hal lain yang akan merugikan Anda di sekolah ini.Kesungguhan dan kejujuran Anda dalam menjawab
merupakan bantuan yang amat berguna. Karena itu diharapkan Anda menjawab semua
soal yang tersedia.
Atas bantuan dan
kerjasamanya, diucapkan terima kasih.
Peneliti,
AHMAD MIFTAH
ANGKET MOTIVASI BELAJAR
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
||||
SS
|
S
|
CS
|
KS
|
TS
|
||
1.
|
Saya
rajin ke sekolah terutama mata pelajaran yang saya sukai.
|
|||||
2.
|
Saya
ragu dengan kemampuan yang saya miliki dalam memahami penjelasan guru
|
|||||
3.
|
Saya
senang mencari informasi yang berhubungan dengan pelajaran, karena bisa
memperkaya ilmu kita.
|
|||||
4.
|
Saya
merasa tidak mampu menyelesaikan setiap tugas mata pelajaran yang diberikan
|
|||||
5.
|
Saya
suka mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca buku pelajaran.
|
|||||
6.
|
Saya
kurang memperhatikan pelajaran yang saya tidak senangi
|
|||||
7.
|
Saya
hadir tepat waktu ketika belajar pada mata pelajaran yang saya anggap
gampang.
|
|||||
8.
|
Saya
malas bertanya kepada guru kalau ada pelajaran yang tidak saya mengerti.
|
|||||
9.
|
Bila
menghadapi kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran, saya berusaha
menemukan alternatif pemecahannya.
|
|||||
10.
|
Saya
lebih suka pergi ke kantin sekolah dibanding pergi ke perpustakaan
|
|||||
11.
|
Saya
memandang bahwa hasil belajar yang saya dapatkan adalah kemampuan saya
sendiri.
|
|||||
12.
|
Saya
menghindari pelajaran yang saya anggap sulit.
|
|||||
13.
|
Saya
telah membuat jadwal kegiatan di rumah, sehingga saya mengetahui kapan saya
harus belajar
|
|||||
14.
|
Saya
merasa putus asa bila menghadapi kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran
|
|||||
15.
|
Saya
menghabiskan banyak waktu untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang
terkait dengan pelajaran di sekolah.
|
|||||
16.
|
Sebagian
besar waktu saya habis untuk bermain dan nonton TV.
|
|||||
17.
|
Ketika
ada pelajaran yang saya kurang pahami, saya bertanya pada orang
yang lebih mengerti.
|
|||||
18.
|
Saya
menghabiskan sebagian besar waktu belajar untuk bergosip dengan teman.
|
|||||
19.
|
Saya
mengisi waktu luang dengan cara mengulangi pelajaran sekolah
|
|||||
20.
|
Saya
merasa tidak mampu dalam menghadapi pelajaran yang sulit
|
|||||
21.
|
Jadwal
belajar yang telah saya buat akan kuikuti dengan perasaan senang.
|
|||||
22.
|
Saya
lebih suka nonton TV dibanding belajar.
|
|||||
23.
|
Saya
telah merencanakan kegiatan belajar setiap hari.
|
|||||
24.
|
Saya
merasa tidak mampu menyelesaikan setiap tugas mata pelajaran yang diberikan
|
|||||
25.
|
Saya
yakin bisa memahami setiap pelajaran yang diajarkan oleh guru.
|
|||||
26.
|
Saya
tidak memiliki jadwal belajar dirumah
|
|||||
27.
|
Saya
percaya bisa mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru.
|
|||||
28.
|
Meskipun
saya telah merencanakan untuk belajar sesuai jadwal belajar, saya
tetap malas untuk belajar
|
|||||
29.
|
Meskipun
saya tahu resiko kegagalan itu ada, saya tidak takut memperjuangkan cita-cita
saya.
|
|||||
30.
|
Bila saya ditegur oleh guru saya tidak
menghiraukannya.
|
|||||
31.
|
Meskipun saya tahu tidak akan mendapat
prestasi yang baik, saya akan tetap berusaha dan belajar.
|
|||||
32.
|
Bila saya gagal menyelesaikan tugas dari guru,
saya akan mengabaikan tugas-tugas tersebut dan akan mengerjakan aktivitas
lain.
|
|||||
33.
|
Bila ada PR yang diberikan oleh guru, saya tidak
akan menunda mengerjakannya
|
|||||
34
|
Ketika sayatidak mengerti tentang apa yang
dijelaskan oleh guru di depan, saya akan bertanya
|
|||||
35.
|
Jika
seseorang menghambat aktivitas belajar saya, maka saya akan mencari
alternatif untuk mengatasi hambatan itu.
|
|||||
36.
|
Bila
saya mendapat kritikan dari teman, saya merasa putus asa
|
|||||
37.
|
Bila saya diberi tugas sekolah oleh guru, saya
akan mengabaikannya
|
|||||
38.
|
Bila
ada tugas yang tidak saya ketahui jawabannya, saya menyimpan tugas itu dan
memilih bermain.
|
|||||
39
|
Bila
saya tidak mampu menyelesaikan tugas-tugas mata pelajaran pada kesempatan
pertama, saya akan mengerjakan tugas-tugas itu sampai berhasil.
|
|||||
40.
|
Jika
menghadapi PR yang sulit, maka saya memilih untuk melihat pekerjaan teman
|
|||||
41.
|
Ketika
saya keliru dan dikritik oleh guru, saya sangat senang karena itu menambah
ilmu saya.
|
|||||
42
|
Saya
merasa sangat malu jika mendapat nilai jelek, karena bagi saya itu hal yang
sangat memalukan.
|
|||||
43.
|
Jika
saya mendapat nilai jelek, saya yakin akan mampu memperbaikinya.
|
|||||
44.
|
Saya
takut mencoba sesuatu karena pikiran saya dibayang-bayangi oleh kegagalan.
|
KISI-KISI ANGKET MOTIVASI BELAJAR
Variabel
|
Aspek
|
Indikator
|
Item
|
Jumlah
|
|
Positif
|
Negatif
|
||||
Motivasi Belajar
|
1. Pilihan
|
- Tertarik pada mata pelajaran tertentu
|
1,7
|
12,10
|
4
|
- Rajin mencari informasi tentang pelajaran
tertentu
|
5,3
|
4, 6
|
4
|
||
2. Keyakianan
untuk sukses
|
- Gambaran Keberhasilan
|
27, 25
|
8, 2
|
4
|
|
- Membuat Rencana
|
13, 25
|
26, 22
|
4
|
||
- Kemandirian bertindak
|
17, 21
|
24, 28
|
4
|
||
- Menyediakan waktu
|
19, 15
|
16,10
|
4
|
||
- Berusaha memperkirakan hasil berbagai strategi
|
11, 9
|
14, 20
|
4
|
||
- Kemampuan membuang strategi yang tidak
menjanjikan
|
35, 33
|
40, 44
|
4
|
||
3. Keuletan dalam berusaha
|
- Keberanian
menghadapikegagalan
|
29, 31
|
42, 38
|
4
|
|
- Kemampuan bangkit dari kegagalan
|
43, 41
|
32, 30
|
4
|
||
- Gigih terus berusaha kalau usaha pertama gagal
|
37, 39
|
34, 36
|
4
|
||
Jumlah
|
22
|
22
|
44
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar