RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER
(RKPS)
Mata
kuliah
Kode
Semester
Program
Studi
Dosen
|
:
:
:
:
:
|
INTERAKSI
BELAJAR MENGAJAR
GENAP 2014/2015
PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
AHMAD MASKUR SUBAWEH, M.Pd.
|
DESKRIPSI
Perkuliahan ini dimaksudkan untuk
mahasiswa untuk menjadi guru yang mampu mendesain pembelajaran yang penuh
dengan interaksi dan motivasi. Mendesain pembelajaran yang penuh interaksi dan
motivasi memerlukan kemampuan guru dalam memahami hakikat dari proses
pembelajaran sebagai sebuah interaksi edukatif antara peserta didik, pendidik,
dan lingkungan belajarnya. Sebuah interaksi edukatif memerlukan sebuah tujuan,
materi yang diajarkan, peserta didik, pendidik, metode, rentang waktu yang
saling bersinergis satu sama salin sehingga menghasilkan proses pembelajaran
yang berkualitas.
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat belajar dan
pembelajaran, tujuan belajar, komponen pembelajaran, teori belajar, peran-peran
guru dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai guru,
dan strategi pembelajaran.
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat
1)
memahami
makna belajar dan mengajar yang memiliki ciri interaksi edukatif.
2)
Memahami
makna interaksi dan motivasi belajar dan perannya dalam sebuah pembelajaran.
3)
memahami dan menerapkan beberapa
prinsip dan teori belajar yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar,
4)
mampu mendaesain pembelajaran,
sehingga mampu menjalani peran sebagai guru dengan baik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah
proses belajar mengajar dalam perkuliahan ini, mahasiswa dapat menjelaskan
tentang serta mengaplikasikannya
1) Pengertian
interaksi edukatif;
2) Pengertian interaksi belajar dan
mengajar;
3)
Motivasi dan aktivitas dalam pembelajaran;
4)
Hakikat anak didik dan kedudukan guru;
5)
Pengelolaan interaksi belajar mengajar;
Pengembangan Ketrampilan
1. Hard
Skill (berkaitan dengan kemampuan
kognitif)
1) Memperoleh
pengetahuan tentang hakikat interaksi belajar mengajar.
2) Memperoleh
pengetahuan tentang hakikat interaksi edukatif.
3) Memiliki
kompetensi dalam hal mengelola interaksi belajar mengajar di sekolah
tingkat dasar (smp, mts) dan menangah (sma, smk, man).
4) Memiliki
kemampuan mendesain pembelajaran yang multiaktivitas dan penuh dengan motivasi.
2. Soft
Skill (Berkaitan dengan
pengembangan kepribadian)
Deskripsi
|
Ada/Tidak
|
Pengembangan ketrampilan teknis
|
|
Pengembangan ketrampilan analisis
|
|
Pengembangan ketrampilan mengelola
waktu
|
|
Pengembangan ketrampilan menulis
|
|
Pengembangan ketrampilan
presentasi/Public Speaking
|
|
Pengembangan ketrampilan kerjasama
kelompok
|
|
Pengembangan kepercayaan diri
|
|
Metode Pembelajaran:
Diskripsi
|
Ada/Tidak
|
Dikusi kelas
|
|
Experiental learning
|
Tidak
|
Guided Teaching
|
|
Kuliah
|
|
Pembahasan kasus
|
|
Pembelajaran Kerjasama
|
|
Problem Based Learning
|
|
Tugas Kelompok
|
|
Tugas mandiri
|
|
Evaluasi
Diskripsi Penilaian
|
Bobot (%)
|
Absensi, Diskusi, Partisipasi
Tugas Individu Tugas Kelompok
|
20 %
|
Ujian Tengah Semester
|
40%
|
Ujian Akhir Semester
|
40 %
|
Total
|
100%
|
Referensi Buku Teks yang Digunakan
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan.Jakarta: Prenada Media Group
Sardiman. 2012. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Pelaksanaan Kuliah
(1)
MINGGU KE
|
(2)
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN
|
(3)
MATERI PEMBELAJARAN
|
(4)
BENTUK PEMBELA JARAN
|
(5)
KRITERIA (indikator) PENILAIAN
|
(6)
BOBOT
NILAI
|
1.
|
1. Dapat memahami materi yang akan diperoleh selama mengikuti
perkuliahan.
2. Dapat memahami konsep dasar interaksi edukatif
dalam proses pembealajaran.
|
Pengantar kuliah: SAP, metode perkuliahan,
latar belakang mata kuliah belajar dan pembelajaran, refleksi.
|
Diskusi, tanya jawab,
pemecahan masalah, pelaporan perseorangan
|
memahami konsep dasar interaksi edukatif dalam
proses pembealajaran.
|
2%
|
2.
|
Dapat memahami konsep belajar dan pembelajaran.
|
Makna hakikat belajar dan pembelajaran
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil
diskusi
|
memahami konsep belajar dan pembelajaran.
|
2%
|
3.
|
Dapat memahami makna tujuan belajar dan
kedudukannya dalam proses pembelajaran.
|
makna tujuan belajar dan kedudukannya dalam
proses pembelajaran
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil
diskusi
|
memahami
makna tujuan belajar dan kedudukannya dalam proses pembelajaran.
|
2%
|
4.
|
Dapat memahami komponen pembelajaran
|
Komponen pembelajaran
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil
diskusi
|
memahami komponen pembelajaran
|
2%
|
5-6
|
Dapat memahami beberapa teori belajar
|
teori belajar
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil
diskusi
|
memahami beberapa teori belajar
|
4%
|
7.
|
|
Ujian Tengah Semester
|
|
|
|
8
|
Dapat memahami peran guru dalam pembelajaran
|
peran guru
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil
diskusi
|
memahami peran guru dalam pembelajaran
|
4%
|
9
|
Dapat memahami hakikat peserta didik
|
Hakikat peserta didik
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil
diskusi
|
memahami hakikat peserta didik
|
4 %
|
10
|
Dapat memahami dan mengaplikasikan keterampilan
dasar mengajar
|
Keterampilan
dasar mengajar guru
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil
diskusi
|
Memahami dan mengaplikasikan keterampilan dasar
mengajar
|
4%
|
11
|
Dapat memahami dan
mengaplikasikan pembelajaran ekspositori
|
strategi
pembelajaran ekspositori
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil diskusi
|
Memahami dan mengaplikasikan
pembelajaran ekspositori
|
4 %
|
12
|
Dapat memahami strategi
pembelajaran inkuri.
|
strategi pembelajaran
inkuiri
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil
diskusi
|
Memahami strategi
pembelajaran inkuri.
|
4 %
|
13
|
Dapat memahami dan
mengaplikasikan pembelajaran kooperatif
|
Pembelajaran
kooperatif
|
Diskusi kelompok, tanya jawab, pelaporan hasil
diskusi
|
Memahami dan
mengaplikasikan pembelajaran kooperatif
|
4%
|
16.
|
|
Ujian Akhir Semester
|
|
|
|
Cara Mengisi Form Isian Rencana Kegiatan
Pembelajaran Semester (RKPS):
*
) NOMOR KOLOM
1.
Menunjukan
kapan suatu kegiatan dilaksanakan, yakni mulai minggu ke 1 sampai ke 16 (satu
semester )(bisa 1/2/3/4 mingguan).
2.
Rumusan
kemampuan akhir diusahakan berupa kemampuan dibidang kognitif, psikomotorik,
dan afektif. (lengkap dan utuh)(hard skills & soft skills)
3.
Bisa
diisi pokok bahasan / sub pokok bahasan, atau topik bahasan.
4.
Bentuk
pembelajaran bisa berupa : ceramah, diskusi, presentasi tugas, seminar,
simulasi, responsi, praktikum, latihan, kuliah lapangan, praktek bengkel,
survai lapangan, bermain peran,(atau gabungan berbagai model)
5.
Kriteria
penilaian berisi : indikator yang dapat menunjukan pencapaian kompetensi yang
dicanangkan, atau unsur kemampuan yang dinilai (bisa kualitatif – ketepatan
analisis, kerapian sajian, Kreatifitas ide, kemampuan komunikasi, juga bisa
juga yang kuantitatif – banyaknya kutipan acuan / unsur yang dibahas, kebenaran
hitungan).
6.
Bobot
nilai disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk membahas atau mengerjakan tugas,
atau besarnya sumbangan suatu kemampuan terhadap pencapaian kompetensi mata
kuliah ini.
Ketua Prodi, Dosen
Pengampu,
Mustamil S.Pd., M.Pd.
Ahmad Maskur Subaweh M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar