Sabtu, 05 Januari 2019

Contoh Teks Ceramah Humor


Contoh Ceramah Humor

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta’in waala umuriddunya waddin wassalatu wassalamu ala asrofil ambiya’i wal mursalin waala alihi wasohbihi ajma’in ama ba’du
Kepada yang terhormat Bapak Ketua Yayasan Nurul Huda Losari
Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMK Nurul Huda Losari
Kepada dewan guru dan staf TU yang kami hormati..
Serta kepada teman-temanku sekalian dan tamu undangan yang kami sayangi...
Pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kepada lillahi Robi, yang telah memberikan nikmat sehat badan, nikmat iman dan nikmat islam.
Sehingga kita bisa bertemu dalam acara pelepasan kaka kelas kita tercinta, siswa SMK Nurul Huda kelas XII Tahun Ajaran 2017/2018
Shalawat serta salam juga tak lupa kita limpah curahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarga juga umatnya. Karena beliaulah  yang telah mengantarkan kita ke zaman yang terang benderang seperti saat ini.


Nikmat Allah sudah begitu banyak teman-teman, kita dikasih mata untuk melihat pemandangan, kita dikasih mulut untuk makan-makan, kita dikasih kaki untuuuuuuk...??
Jalan-jalan..
Kita terkadang suka mendapatkan kebaikan yang tidak diduga-duga dan biasa menyikapinya dengan perasan penuh bahagia. Ungkapan “alhamdulillah” sering terlontar dari mulut sebagai ekspresi rasa syukur yang sangat dalam, karena kebaikan tersebut dianggap sebagai nikmat dari Allah SWT.
Namun terkadang sikap kita terkadang biasa-biasa saja ketika memperoleh kebaikan rutin, seperti mendapatkan uang saku dari orang tua, mendapatkan ilmu dari guru-guru tercinta, bisa makan bisa minum tiap hari. Hal itu, mungkin karena kita mengangap kebaikan rutin tersebut “bukan nikmat”, sehingga jarang mulut terucap ungkapan “alhamdulillah” ketika memperolehnya.
Dua fenomena di atas menunjukan ada yang salah dalam memahami nikmat Allah. Lantas apa yang disebut dengan nikmat Allah  itu? Apakah hanya rezeki yang datang tidak terduga? Atau ada yang lainnya?
Dalam hadis dijelaskan, “ada dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR, Bukhari). Hadist diatas menjelaskan nikmat Allah itu bukan hanya rezeki tidak terduga, tetapi termasuk apa yang kita peroleh setiap saat.
Sebulir nasi yang kita makan, seteguk air yang kita minum, badan kita yang sehat, dan waktu luang kita lalui, semua itu termasuk nikmat Allah. Tidak hanya itu, udara yang kita hirup setiap saat dan iman yang senantiasa hadir di dalam hati, itu pun termasuk nikmat Allah.
Jadi, yang mesti kita syukuri bukan hanya rezeki yang tidak terduga, tetapi semua kebaikan yang diberikan Allah, baik besar atau pun kecil.

Sebagaimana  firman Allah SWT, “ Sesunguhnya jika kita bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika  kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku Sangat pedih.”  QS Ibrahim ayat 7.

Allah Juga mengingatkan manusia hingga berulang sampai 31 kali dengan kalimat yang sama, dengan jumlah huruf yang sama agar manusia mudah mengingatnya dan pandai bersyukur.
       
Didalam Surat Ar-Rahman ada pengulangan satu ayat yang berbunyi :
فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
Artinya “Maka Nikmat Tuhan-mu yang manakah yang ”Kamu Dustakan’?”
Kakak-kakaku sekalian yang saya sayangi...
Alhamdulillah kemarin UNBK telah kalian lalui dengan lancar, tertib, dan sukses. Selama mengikuti ujian kakak-kakak kelasku ini pasti merasakan kelelahan, baik mental dan fisik. Tapi setelah proses itu sudah kita lalui alhmadulillah terasa tenang jiwa ini. Dan Rasa tenangnya jiwa itulah nikmat atau rizki, karena karena kemarin kita pasti merasakan pahitnya dan lelahnya perjuangan itu. Yang punya hobi jalan-jalan dikurangin, yang hobi nonton TV remotnya diserahin, yang punya hape quotanya dikosongin, yang punya ayam dilepasin, Yang punya pacar dianggurin...,yang gak punya pacaaaaar....?
Sykuriiin...
Lah, iya. Pacar itu bukan nomer 1. Yang nomer satu adalah ilmu. Karena dengan ilmulah dunia dan akhirat, keduanya bisa kita dapat.
Jadi, jangan pernah minder kalau jadi masih jomblo, jangan pernah minder kalau blum punya pasangan. Karena sekolah tujuannya untuk apa?....
 Untuk cari ilmu, bukan nyari sensasi. Bukan nyari doi.
Jadi kita patut bersyukur, kita sudah menempuh pendidikan setelah 3 tahun kita belajar di SMK Nurul Huda Losari tercinta ini. Ilmu dari guru-guru tercinta di SMK Nurul Huda ini sangatlah bermanfaat, bisa kita gunakan untuk bekerja dan bersaing di Dunia usaha.
 Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya. Wabilahi taufik wal hidayah, wa ridho wal inayah, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindari Doktrinasi Terorisme