Minggu, 06 Januari 2019

Mengenal E-Learing

E-Learing di Era Digital


E-learning atau Elektronic Learning adalah sistem pembelajaran yang menggunakan perangkat elektronik yang sudah didukung dengan jaringan internet sebagai medianya. Devinisi ini kurang lebih sama seperti yang diuraikan oleh Rosenberg yang mengatakan jika e-learning merupakan penggunaan teknologi internet yang dimaksudkan untuk mengirimkan serangkaian solusi yang bisa  meningkatkan pengetahuan dan juga keterampilan.
Dengan metode belajar mengajar ini siswa diharapkan mampu mengikuti proses pembelajaran yang berikan guru dengan lebih baik dan lebih cepat karena proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dengan kata lain Anda dapat tetap memperlajari materi-materi yang diperoleh dari sang guru tanpa harus bertemu secara fisik. Melalui perangkat elektronik dan internet, para pendidik dapat menyampaikan materi pembelajaran dan berinteraksi dengan para siswanya.
Pembelajaran dengan menggunakan media elektronik ini dapat mencangkup sistem pengajaran formal maupun informal. Untuk e-learning secara formal biasanya dikelola oleh universitas yang menyediakan pengajaran jarak jauh bagi para siswanya. Secara umum keberadaan sistem pengajaran e-learning bukan lagi sesuatu yang asing di sekolah maupun peguruan tinggi yang ada di Indonesia.  Sudah sejak lama para pendidik melibatkan media internet dalam membimbing para siswa untuk mencari sumber dan referensi ataupun untuk mengirimkan tugas melalui e-mail.
Selain dibidang akademisi, tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan konsultan seperti perusahaan penyedia jasa e-learning yang juga ikut memanfaatkan metode pengajaran ini dalam memberikan pengarahan dan pembelajaran kepada para karyawan dari perusahaan itu sendiri. Dengan menggunakan pelatihan karyawa melalui sistem e-learning secara formal maka dapat dipastikan perusahaan tersebut diuntungkan dari segi finansial maupun non-finansial.
Berbeda dengan e-learning formal, e-learning yang dilakukan secara informal biasanya melibatkan interaksi yang lebih sederhana dengan memanfaatkan fasilitas seperti website pribadi ataupun organisasi, e-newsletter atau mailing list. Adapun materi yang disampaikan biasanya seputar mensosialisasikan program, jasa ataupun pengetahuan kepada masyarakat luas.
Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh sistem pembelajaran baru ini khususnya dilhat dari segi kemudahan dan kepraktisan dalam memperoleh wawasan dan keterampilan baru. Produk digitalisasi di bidang pendidikan ini menjadikan proses belajar dan mengajar menjadi lebih efesien dan juga mampu mengoptimalkan hasil yang didapat oleh siswa dengan memanfaatkan sumber pengetahuan tanpa batas.
Ditinjau dari berbagai manfaat yang ditawarkannya, tidak mengherankan jika e-learning dianggap sebagai solusi dalam sistem pendidikan yang dibutuhkan di zaman yang serba cepat seperti sekarang ini. Secara umum baik pendidik maupun siswa dapat mengoptimalkan manfaat dari sistem pengajaran digitalis, jika berbagai faktor pendukungnya dapat terpenuhi dimana faktor-faktor ini saling berkaitan satu sama lain.
Bagi Anda yang ingin mengikuti e-learning, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan media pembelajaran yang akan menunjang sistem pembelajaran yang dipilih. Tentukan terlebih dahulu topik yang ingin dipelajari dan tentukan pula target atau lama waktu yang diperlukan untuk menguasai topik tersebut. Setelah itu persiapkan sarana belajar yang tentu saja berbasis elektronik yang sesuai untuk mempermudah seperti komputer, printer, akses internet dan sebagainya. Perangkat elektronik ini akan mempermudah proses menambah wawasan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindari Doktrinasi Terorisme