Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
||||
Membaca
Nonsastra
|
Membaca
Sastra
|
Menulis
Terbatas
|
Menyunting
Kata, Kalimat, Paragraf
|
Menyunting
Ejaan dan Tanda Baca
|
|
Pengetahuan
dan Pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menentukan
· Memaknai
|
Peserta didik dapat
- menentukan
makna kata/kalimat pada teks berita
- menentukan isi tersurat berita
- menentukan informasi dari tabel/ diagram
- menentukan
hal-hal yang diteladani tokoh dalam teks biografi
|
Peserta didik dapat
- menentukan makna kata dalam cerpen/cerita anak/
drama/novel/puisi
- menggali
informasi tersurat dalam cerpen/cerita anak/ drama/novel/puisi
- menentukan unsur intrinsik cerita anak/drama/novel
|
Peserta didik dapat
- melengkapi
buku harian/ pengalaman pribadi dengan kata
|
Peserta didik dapat
- menentukan kesalahan penggunaan kata/kalimat pada teks petunjuk melakukan sesuatu,
resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas
|
Peserta didik dapat
- menentukan
kesalahan penggunaan ejaan pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi,
laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas
- menentukan
kesalahan penggunaan tanda baca pada teks petunjuk melakukan sesuatu,
resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
|
Aplikasi
· Menyimpulkan
· Menemukan ide
· Menginterpretasikan
·
Menggunakan
· Menyusun
|
Peserta didik dapat
- menentukan
gagasan utama paragraf
- menggali
informasi tersirat
- meringkas isi teks
|
Peserta didik dapat
- menyimpulkan watak tokoh, latar, amanat dalam drama
dan cerpen
- menyimpulkan sebab atau akibat konflik dalam
cerpen/cerita anak
|
Peserta didik dapat
- melengkapi teks pengumuman
- menyusun urutan
isi surat pribadi atau dinas
- melengkapi pantun
- melengkapi puisi
|
Peserta didik dapat
- menggunakan
kata dalam kalimat
- menggunakan kalimat dalam paragraf
|
Peserta didik dapat
- menggunakan
ejaan pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman,
surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
||||
Membaca
Nonsastra
|
Membaca
Sastra
|
Menulis
Terbatas
|
Menyunting
Kata, Kalimat, Paragraf
|
Menyunting
Ejaan dan Tanda Baca
|
|
- menggali
informasi tersirat dalam cerpen/ cerita anak/drama/novel/puisi
|
- menyusun dan
melengkapi bagian teks petunjuk
melakukan sesuatu
- melengkapi resensi
- melengkapi laporan
- melengkapi surat dinas dan surat pribadi
- melengkapi slogan/poster
|
- menggunakan
tanda baca pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan,
pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
|
|||
Penalaran
· Mengevaluasi
· Membandingkan
· Menanggapi
· Merefleksi
· Memvariasikan
|
Peserta didik dapat
- membandingkan
penggunaan bahasa dan pola
penyajian beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/ kelemahan teks resensi
- menyimpulkan
masalah utama dari berita yang bertopik sama
- mengomentari
isi teks yang dibaca
|
Peserta didik dapat
- menentukan
refleksi isi cerita terkait dengan kehidupan
anak
- menunjukkan
bukti latar dan watak tokoh
cerpen/cerita anak
- mengomentari
unsur intrinsik karya sastra
- membuat
sinopsis cerita
- memetakan isi cerita
|
Peserta didik dapat
- menilai
berbagai teks (petunjuk melakukan sesuatu, resensi, surat pribadi dan dinas, laporan, pengumuman, iklan,
slogan/poster, puisi, dan pantun)
- mengubah tabel menjadi uraian
- mengubah teks
wawancara menjadi narasi
- memvariasikan
bagian dongeng
- menulis
berbagai teks sesuai dengan konteks
(petunjuk melakukan sesuatu, resensi, surat pribadi dan dinas, laporan,
|
Peserta didik dapat
- memperbaiki
kesalahan penggunaan kata dan
kalimat pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman,
surat pribadi, surat dinas
- menentukan alasan
kesalahan penggunaan kata, kalimat,
dan ketidakpaduan paragraf
|
Peserta didik dapat
- memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi,
laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas,slogan, dan poster
- memperbaiki kesalahan
penggunaan tanda baca pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan,
pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
- menentukan
alasan kesalahan penggunaan ejaan
dan tanda baca pada teks petunjuk melakukan
sesuatu,
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
||||
Membaca
Nonsastra
|
Membaca
Sastra
|
Menulis
Terbatas
|
Menyunting
Kata, Kalimat, Paragraf
|
Menyunting
Ejaan dan Tanda Baca
|
|
pengumuman,
iklan,
|
resensi,
laporan,
|
||||
slogan/poster,
puisi,
|
pengumuman,
surat
|
||||
dan pantun)
|
pribadi, surat
dinas
|
||||
slogan, dan
poster
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar