Sabtu, 05 Januari 2019

KISI-KISI UNBK 2019 TIPE HOTS

Level Kognitif
Lingkup Materi
Membaca Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Terbatas
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
·      Mengidentifikasi
·      Menentukan
·      Memaknai
Peserta didik dapat
- menentukan makna kata/kalimat pada teks berita
- menentukan isi tersurat berita
- menentukan informasi dari tabel/ diagram
- menentukan hal-hal yang diteladani tokoh dalam teks biografi
Peserta didik dapat
- menentukan makna kata dalam cerpen/cerita anak/ drama/novel/puisi
- menggali informasi tersurat dalam cerpen/cerita anak/ drama/novel/puisi
- menentukan unsur intrinsik cerita anak/drama/novel
Peserta didik dapat
- melengkapi buku harian/ pengalaman pribadi dengan kata
Peserta didik dapat
-  menentukan kesalahan penggunaan kata/kalimat pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas
Peserta didik dapat
- menentukan kesalahan penggunaan ejaan pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas
- menentukan kesalahan penggunaan tanda baca pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
Aplikasi
·      Menyimpulkan
·      Menemukan ide
·      Menginterpretasikan
·      Menggunakan
·      Menyusun
Peserta didik dapat
- menentukan gagasan utama paragraf
- menggali informasi tersirat
- meringkas isi teks
Peserta didik dapat
- menyimpulkan watak tokoh, latar, amanat dalam drama dan cerpen
- menyimpulkan sebab atau akibat konflik dalam cerpen/cerita anak
Peserta didik dapat
- melengkapi teks pengumuman
- menyusun urutan isi surat pribadi atau dinas
- melengkapi pantun
- melengkapi puisi
Peserta didik dapat
- menggunakan kata dalam kalimat
- menggunakan kalimat dalam paragraf
Peserta didik dapat
- menggunakan ejaan pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster



Level Kognitif
Lingkup Materi
Membaca Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Terbatas
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca


- menggali informasi tersirat dalam cerpen/ cerita anak/drama/novel/puisi
- menyusun dan melengkapi bagian teks petunjuk melakukan sesuatu
- melengkapi resensi
- melengkapi laporan
- melengkapi surat dinas dan surat pribadi
- melengkapi slogan/poster

- menggunakan tanda baca pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
Penalaran
·      Mengevaluasi
·      Membandingkan
·      Menanggapi
·      Merefleksi
·      Memvariasikan
Peserta didik dapat
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/ kelemahan teks resensi
- menyimpulkan masalah utama dari berita yang bertopik sama
- mengomentari isi teks yang dibaca
Peserta didik dapat
- menentukan refleksi isi cerita terkait dengan kehidupan anak
- menunjukkan bukti latar dan watak tokoh cerpen/cerita anak
- mengomentari unsur intrinsik karya sastra
- membuat sinopsis cerita
- memetakan isi cerita
Peserta didik dapat
- menilai berbagai teks (petunjuk melakukan sesuatu, resensi, surat pribadi dan dinas, laporan, pengumuman, iklan, slogan/poster, puisi, dan pantun)
- mengubah tabel menjadi uraian
- mengubah teks wawancara menjadi narasi
- memvariasikan bagian dongeng
- menulis berbagai teks sesuai dengan konteks (petunjuk melakukan sesuatu, resensi, surat pribadi dan dinas, laporan,
Peserta didik dapat
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata dan kalimat pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas
- menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Peserta didik dapat
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas,slogan, dan poster
- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca pada teks petunjuk melakukan sesuatu, resensi, laporan, pengumuman, surat pribadi, surat dinas, slogan, dan poster
- menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca pada teks petunjuk melakukan sesuatu,



Level Kognitif
Lingkup Materi
Membaca Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Terbatas
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca



pengumuman, iklan,

resensi, laporan,
slogan/poster, puisi,
pengumuman, surat
dan pantun)
pribadi, surat dinas

slogan, dan poster

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghindari Doktrinasi Terorisme