RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
1
Satuan Pendidikan : SMK Nurul Huda Losari
Mata Pelajaran : Pendidikan Seni Budaya
Kelas / Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 6 X 45 (3 pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
2. KOMPETENSI DASAR
1.1. Mengidentifikasikan keunikan gagasan dan teknik
dalam karya seni rupa terapan daerah setempat.
1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik
dalam karya seni rupa terapan daerah setempat.
3. INDIKATOR
– Pertemuan ke 1
1. Mendeskripsikan karya
seni rupa terhadap wawasan seni di Nusantara.
2. Mendefinisikan pengertian
seni.
3. Membedakan seni terapan
dengan seni murni.
– Pertemuan ke 2
1. Mengklasifikasikan karya
seni rupa terapan tradisional berdasarkan perkembangan sejarah.
2. Menganalisa
karya seni rupa terapan tradisional berdasarkan fungsi.
–
Pertemuan ke
3
1.
Menganalisa ciri-ciri seni tradisional
Nusantara.
2. Mendemontrasikan
corak ragam hias dengan motif geometrik tradisi Nusantara.
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
– Pertemuan ke 1
1. Siswa dapat menyebutkan
pengertian tentang seni dari salah satu pendapat para ahli.
2. Siswa dapat membedakan
antara seni murni dengan seni terapan.
– Pertemuan
ke 2
1. Siswa dapat
mengklasifikasikan karya seni rupa berdasarkan perkembangan sejarah.
2. Siswa dapat menyebutkan
bentuk peninggalan karya seni rupa pra–sejarah.
3. Siswa dapat menggambarkan
bentuk peninggalan karya seni rupa megalitik berdasarkan fungsinya
–
Pertemuan ke 3
1. Siswa dapat menyebutkan 3
ciri dari 5 sifat seni tradisi Nusantara.
2. Siswa dapat menyebutkan
motif geomitrik dalam ragam hias tradisi Nusantara.
5. MATERI PEMBELAJARAN
–
Pertemuan ke 1
1. Wawasan Seni Budaya.
2.
Pengertian Seni Rupa
: – sifat–sifat
dasar seni rupa.
– unsur–unsur seni rupa.
–
fungsi dan tujuan seni rupa.
–
cabang–cabang seni rupa.
3. Seni Terapan daerah
setempat.
– Pertemuan ke 2
1. Perkembangan Seni Rupa di
Nusantara.
b. Seni Budaya pengaruh Hindu–Budha.
c. Seni budaya pengaruh Islam.
d. Seni budaya pengaruh Barat.
2. Mendemontrasikan karya Seni
Budaya Tradisi Nusantara.
– Pertemuan ke 3
1.
Keanekaragaman Seni Rupa Tradisi Nusantara.
a.
Seni Arsitektur.
b.
Seni Kriya (kerajinan).
c.
Wayang.
2.
Ciri–ciri tradisi Nusantara.
3. Motif geometrik dari
ragam hias tradisi Nusantara.
6. METODE
PENGAJARAN
1. Ceramah bervariasi.
2. Pengamatan.
3. Demontrasi.
4. Penugasan.
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan.
– Mengabsen siswa.
– Mengadakan apersepsi/preetest.
b.
Kegiatan Inti
–
Guru menjelaskan materi pembelajaran melalui
metoda–metoda bervariasi, baik ceramah, tanya jawab maupun demontrasi serta
memberikan penugasan
–
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi yang
diajarkan.
–
Siswa menyimak dan menganalisa tentang materi yang
disampaikan.
–
Siswa membandingkan pengalaman estetisnya dengan materi
pelajaran yang disampaikan.
–
Siswa mendiskusikan tentang materi pelajaran yang
terkait.
–
Siswa mendemontrasikan berkarya seni sesuai dengan
kemampuan dan daya ciptanya.
c.
Penutup
–
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang
telah diajarkan.
–
Guru memberikan tugas–tugas dan ulangan harian.
8. SUMBER
BELAJAR
a. Buku Seni Rupa kelas X.
b. LKS.
c. Media Cetak.
d. Media Elektronik.
9. PENILAIAN
a. Prosedur Penilaian
– tes
awal
– tes dalam prosedur
– tes akhir
b. Jenis Penilaian
– tes lisan
– tes perbuatan (karya seni yang dibuat)
c.
Alat Penilaian
–
Proses pembuatan karya
ü Sikap
1.
kesungguhan dalam berkarya/expresi
2.
memanfaatkan waktu
3.
saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya
1.
kesesuaian bentuk dengan tugas yang diberikan
2.
pemanfaatan bahan dan alat yang digunakan
3.
kreatifitas
Brebes, 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad Maskur S. ,M.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
2
Satuan Pendidikan : SMK Nurul
Huda Kalibuntu
Mata Pelajaran : Pendidikan
Seni Budaya
Kelas / Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 8 X 45 (3
pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa
2. KOMPETENSI DASAR
2.1 Merancang karya
seni terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak setempat
2.2 Membuat karya seni
terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak setempat
3. INDIKATOR
1. Mengidentifikasi gambar
karya seni rupa terapan daerah setempat
2. Menemutunjukkan gambar
karya seni rupa terapan daerah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya
3. Mendesain motif geometrik ragam hias tradisi nusantara
4. Menentukan alat dan bahan untuk pertemuan yang akan datang
5. Menghiasi gerabah dengan motif geometrik ragam hias tradisi
nusantara
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menyebutkan 3 ragam hias tradisi
nusantara motif geometri
2.
Siswa dapat membedakan antara motif pilin
berganda dengan pilin motif sambung
3.
Siswa dapat menunjukkan kegunaan motif pilin
ganda dalam gerabah dengan motif parang rusal dalam seni batik jogja
4. Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah
prosedur dalam pembuatan desain
5. Siswa dapat mendesain salah satu motif
geometri ragam hias tradisi nusantara dengan baik dan rapi
6. Siswa dapat menghiasi gerabah sesuai dengan
desain yang telah dibuat sebelumnya
5. MATERI PEMBELAJARAN
1. Keanekaragaman Seni
Tradisi Nusantara
2. Ragam Hias Etnik
Nusantara
a. Ragam hias klasik motif
geometrik :
ü Pilin
ü Swastika
ü Tumpal
ü Meander
b. Ornamen Klasik Pilin
(motif alam) :
ü Pilin bersambung
ü Simetri
ü Roset
ü Medalion
3. Berkreasi (berkarya) Seni Rupa Terapan
c.
Eksplorasi dan eksperimentasi
d. Proses penciptaan
(langkah-langkah pembuatan desain)
ü Bentuk alam
ü Deformasi
ü Distorsi
ü Stilasi
4. Mengenal bahan dan
beberapa alternatif kegiatan berkarya
5. Menghiasi gerabah (biskuit) dengan m,otif geometrik
ü Kerapihan
ü Keindahan
ü Kreatifitas
6. Memanfaatkan waktu
6. METODE
PENGAJARAN
- Ceramah berpariatif
- Demontrasi
- Penugasan
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan
-
Mengabsensi siswa
-
Mengadakan apersepsi terhadap pelajaran yang akan
disampaikan
b.
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan materi dan cara mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
-
Siswa mengidentifikasi karya seni rupa daerah Nusantara
-
Siswa mendesain seni rupa terapan yang digali dari seni
rupa terapan sesuai kreatifitas
-
Siswa menghiasi gerabah (biskuit) sesuai dengan desain
c.
Penutup
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang
keanekaragaman seni tradisi Nusantara
-
Memberikan tugas
8. SUMBER, BAHAN
& ALAT BELAJAR
1. Sumber : Buku Seni RupaSMK Nurul Huda Losari, media cetak/elektronik
2. Bahan dan alat :
-
Kertas gambar untuk desain
-
Gerabah dan cat akrilik
9. PENILAIAN
a. Prosedur Penilaian
-
Pretest
-
Tes daalm proses
-
Tes akhir
b. Jenis penilaian
-
Tes lisan
-
Tes perbuatan (desain karya yang dibuat)
c.
Alat Penilaian
-
Proses pembuatan kerja:
ü Sikap :
1.
Kesungguhan dalam berkarya/expersi
2.
Memanfaatkan waktu
3.
Saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya :
1. Kesesuaian bentuk dengan
tugas yang diberikan
2. Pemanfaatan bahan &
alat yang digunakan
3. Kreatifitas
Brebes, 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad Maskur S.M.Pd.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK Nurul Huda Kalibuntu
Mata Pelajaran :
Pendidikan Seni Budaya
Kelas / Semester :
XI / 1
Alokasi Waktu :
6 X 45 (3 pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
3. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa.
2. KOMPETENSI DASAR
3.1 Merancang karya seni rupa terapan dengan
memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara.
3.2 Membuat karya seni rupa terapan dengan
memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara.
3. INDIKATOR
i.
Pertemuan ke 1
1. Menjelaskan karya seni batik di wilayah Nusantara.
2. Mengklasifikasikan jenis batik di wilayah Nusantara berdasarkan
fungsi sosial budaya.
ii.
Pertemuan ke 2 dan ke 3
1. Mendisain gambar seni
rupa Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
2. Membuat karya seni batik
tulis sesuai dengan yang dibuatnya.
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
iii.
Pertemuan ke 1
1. Siswa dapat menyebutkan
tiga jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya.
2. Siswa dapat membedakan
antara batik cap/ printing dengan
batik tulis.
iv.
Pertemuan ke 2 dan ke 3
1. Siswa dapat menyebutkan
langkah–langkah proses pembuatan batik tulis.
2. Siswa dapat mendesain
gambar batik secara benar.
3. Siswa dapat membatik
dengan benar.
5. MATERI PEMBELAJARAN
v.
Pertemuan ke 1
1. Berekspresi karya seni rupa terapan di
wilayah Nusantara
Contoh:
membatik
ü Corak atau motif
ü Penggunaan warna
ü Teknik, alat dan bahan
2. Jenis – jenis
batik berdasarkan proses
ü Batik Cap
ü Batik Printing
ü Batik Tulis
-
Pertemuan ke 2 dan ke 3
1. Mendesain batik sesuaidengan kreatifitasnya
2. Membuat karya seni rupa ”Membatik”
ü Menentukan alat dan bahan
ü Proses membatik
6. METODE
PENGAJARAN
- Ceramah berpariatif
- Demontrasi
- Penugasan
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan
-
Mengabsen siswa
-
Mengadakan apersepsi terhadap pelajaran yang akan
diajarkan
b. Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan materi dan cara mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
-
Siswa mendesain seni rupa terapan (membatik sesuai dengan
kreatifitasnya
-
Siswa berkarya seni rupa (membatik) dengan terlebih
dahulu mempersiapkan alat dan bahan
c. Penutup
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang keanekaragaman
seni batik Nusantara
-
Siswa berkarya seni rupa (membatik)
8. SUMBER, BAHAN
& ALAT BELAJAR
1.
Sumber :
- Buku Seni RupaSMK Nurul
Huda Losari
- Buku cara-cara membatik
2.
Bahan dan alat :
-
Kain
-
Canting
-
Malam
-
Pewarna
9. PENILAIAN
ü Prosedur Penilaian
-
Pretest
-
Tes dalam proses
-
Tes akhir
ü Jenis penilaian
-
Tes lisan
-
Tes perbuatan (desain karya yang dibuat)
ü Alat Penilaian
-
Proses pembuatan kerja:
ü Sikap :
1.
Kesungguhan dalam berkarya/expersi
2.
Memanfaatkan waktu
3.
Saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya :
1.
Kesesuaian bentuk dengan tugas yang diberikan
2.
Pemanfaatan bahan & alat yang digunakan
3.
Kreatifitas
Losari , 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad
Maskur S.,M.Pd.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1
Satuan Pendidikan :SMK
Nurul Huda Losari
Mata Pelajaran :
Pendidikan Seni Budaya
Kelas / Semester :
XI / 2
Alokasi Waktu :
14 X 45 (7 pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
1. Mengapresiasi karya seni
rupa
2. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
modern / kontemporer
1.2 Menjelaskan perkembangan seni rupa modern /
kontemporer Mancanegara
3. INDIKATOR
-
Pengertian seni rupa tradisional, modern dan kontemporer
-
Mengklasifikasikan karya seni rupa tradisional, modern
dan kontemporer
-
Menjelaskan proses perkembangan karya seni rupa modern
mancanegara
-
Membuat laporan tertulis dari karya-karya seni modern
-
Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa modern /
kontemporer
-
Mengidentifikasi corak (aliran) seni rupa modern
mancanegara
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat membedakan
ciri-ciri seni tradisional, modern dan kontemporer
- Siswa dapat
menyebutkan menunjukan hasil seni rupa Tradisional
- Siswa dapat
menceritakan 2 faktor lahirnya Renaisance
- Siswa dapat
menyebutkan 3 faktor Seni Rupa Zaman Renaisance
- Siswa dapat
menyebutkan 3 faktor lahirnya aliran seni lukis
- Siswa dapat
membuat laporan dari hasil analisis karya seni rupa Renaisance
5. MATERI PEMBELAJARAN
1.1 Seni Rupa Modern dan Kontemporer.
-
Pengertian seni tradisi, modern dan kontemporer
-
Ciri-ciri seni tradisi, modern dan kontemporer
-
Fungsi dan tujuan seni rupa modern
1.2 Perkembangan Seni Rupa Modern
-
Masa Renaisance
-
Masa Modern:
ü Lahirnya aliran-aliran
seni lukis:
a.
Klasisisme
b.
Neoklasisisme
c.
Romantisme
d.
Impresionisme
e.
Realisme
f.
Ekspresionisme
g.
Fauvisme
h.
Kubisme
i.
Dadaisme
j.
Surealisme
k.
Pop art
ü Pengaruh seni rupa modern
ke Indonesia
6. METODE
PENGAJARAN
- Ceramah berpariatif
- Demontrasi
- Penugasan
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan
-
Mengabsen siswa
-
Mengadakan apersepsi terhadap pelajaran yang akan
diajarkan
b. Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan materi melalui metode-metode bervariasi,
baik ceramah, tanya jawab maupun demontrasi serta memberikan penugasan
-
Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi yan
diajarkan
-
Siswa menganalisis tentang materi yang disampaikan
-
Siswa membandingkan pengalaman estetisnya dengna materi
pembelajaran yang disampaikan
-
Siswa mendiskusikan dan membuat laporan tentang
karya-karya modern mancanegara
-
Siswa mendemontrasikan berkarya seni sesuai dengan
kemampuan dan daya ciptanya
c. Penutup
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang
telah diajarkan
-
Guru memberikan tugas dan uji kompetensi
8. SUMBER, BAHAN
& ALAT BELAJAR
a. Buku Seni Rupa kelas XII
b. LKS
c.
Media elektronik dan media cetak
d. Reproduksi
9. PENILAIAN
ü Prosedur Penilaian
-
Pretest
-
Tes dalam proses
-
Tes akhir
ü Jenis penilaian
-
Tes lisan
-
Tes perbuatan (desain karya yang dibuat)
ü Alat Penilaian
-
Proses pembuatan kerja:
ü Sikap :
1.
Kesungguhan dalam berkarya/expersi
2.
Memanfaatkan waktu
3.
Saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya :
1.
Kesesuaian bentuk dengan tugas yang diberikan
2.
kaidah dalam berkarya
3.
Kreatifitas
Brebes, 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad
Maskur S.,M.Pd.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
2
Satuan Pendidikan :SMK
Nurul Huda Losari
Mata Pelajaran :
Pendidikan Seni Budaya
Kelas / Semester :
XI (TKJ)/ 2
Alokasi Waktu :
10 X 45 (5 pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2. KOMPETENSI DASAR
2.1 (IPS dan Bahasa) Membuat karya seni rupa murni
dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa modern
2.2 (IPA) Menggambar teknik (mistar) / perspektif
lanjutan
3. INDIKATOR
-
Mengidentifikasi karya lukisan seni rupa modern
-
Membuat/berkarya lukisan sesuai dengan aliran-aliran seni
rupa modern
-
Mendisain karya seni rupa terapan modern
-
Berkarya seni rupa terapan yang dikembangkan dari beragam
unsur seni rupa
(Tambahan untuk IPA)
-
Menggambar teknik perspektif benda bersusun dan
arsitektur sederhana berdasarkan teknik 2 titik hilang beserta bayangannya
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa dapat menyebutkan ciri lukisan dari
setiap aliran seni rupa modern
-
Siswa dapat membuat lukisan dalam kanvas
sesuai dengan salah satu contoh teknik aliran seni rupa modern
-
Siswa dapat menentukan media, alat dan bahan
yang dapat ditemukan dilingkungannya
(Tambahan untuk IPA)
-
Siswa dapat menggambar seni bangun arsitektur
secara sederhana dengan menggunakan akidah perspektif 2 titik hilang
5. MATERI PEMBELAJARAN
-
Hasil seni rupa murni (lukisan/patung) modern mancanegara
-
Eksplorasi dan Eksperimentasi tentang alat dan bahan seni
murni
-
Mengenal bahan dan beberapa alternatif kegiatan berkarya
-
Disain karya/sketsa karya seni rupa murni dan terapan
-
Langkah-langkah membuat karya seni rupa murni/terapan
(Tambahan untuk IPA) menggambar perspektif
-
Menggambar teknik perspektif 2 titik hilang
a) Menentukan gambar titik
b) Menentukan gambar garis
c) Menentukan gambar bangun
d) Menggambar benda arsitektur
sederhana
6. METODE
PENGAJARAN
- Ceramah berpariatif
- Demontrasi
- Penugasan
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan
-
Mengabsen siswa
-
Mengadakan apersepsi terhadap pelajaran yang akan
diajarkan
b. Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan materi melalui metode-metode bervariasi,
baik ceramah, tanya jawab maupun demontrasi serta memberikan penugasan
-
Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi yan
diajarkan
-
Siswa menganalisis tentang materi yang disampaikan
-
Siswa membandingkan pengalaman estetisnya dengna materi
pembelajaran yang disampaikan
-
Guru dengan siswa sama-sama menentukan alat dan bahan
yang akan dipraktekan
-
Siswa mendemontrasikan berkarya seni sesuai dengan
kemampuan dan daya ciptanya
(Tambahan IPA)
-
Mengulang ingatan kembali tentang menentukan titik, garis
dan gambar bangun
-
Menggambar arsitektur bangunan sederhana
c. Penutup
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah diajarkan
Guru memberikan tugas dan uji kompetensi
8. SUMBER, BAHAN
& ALAT BELAJAR
- Buku Seni Rupa kelas XII
- LKS
- Media elektronik
(AutoCad)
9. PENILAIAN
ü Prosedur Penilaian
-
Pretest
-
Tes dalam proses
-
Tes akhir
ü Jenis penilaian
-
Tes lisan
-
Tes perbuatan (desain karya yang dibuat)
ü Alat Penilaian
-
Proses pembuatan kerja:
ü Sikap :
Kesungguhan dalam berkarya/expersi
Memanfaatkan waktu
Saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya :
Kesesuaian bentuk dengan tugas yang diberikan
kaidah dalam berkarya
Kreatifitas
Brebes, 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad
Maskur S.,M.Pd.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
3
Satuan Pendidikan :SMK
Nurul Huda Losari
Mata Pelajaran :
Pendidikan Seni Budaya
Kelas / Semester :
XI (TKJ)/ 2
Alokasi Waktu :
6 X 45 (3 pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
3. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa
2. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan
untuk pameran sekolah
3.2 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam
bentuk pameran sekolah
3. INDIKATOR
-
Mengidentifikasi karya seni rupa tradisi, modern dan
kontemporer
-
Mengelompokkan anggota dan karya untuk pameran
-
Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa tradisi,
modern dan kontemporer
-
Mendeskripsikan hasil pameran
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa dapat menyebutkan tujuan dan fungsi
pameran
-
Siswa dapat merencanakan sebuah pameran
sekolah
-
Siswa dapat menyusun keanggotaan dalam
panitia pameran
-
Siswa dapat menyusun program pameran
-
Siswa dapat melaksanakan kegiatan pameran
sekolah
5. MATERI PEMBELAJARAN
A. Pameran dan Kreasi Seni Rupa Tradisi, Modern
dan Kontemporer
-
Tujuan dan fungsi
-
Kepanitiaan
-
Perencanaan kerja
B. Pelaksanaan
Pameran
Persiapan
Menentukan tema dan waktu pameran
Menentukan rencana kegiatan
Pelaksanaan dan evaluasi kegiaatn pameran
6. METODE
PENGAJARAN
Ceramah berpariatif
Diskusi
Penugasan
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
-
Apersepsi
b. Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan pelajaran
-
Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi yang
diajarkan
-
Siswa menyusun kepanitiaan
-
Siswa mengumpulkan karyanya yang pernah dibuat
-
Siswa mengidentifikasi, mengklasifikasi karya seni
-
Siswa melaksanakan pameran
c. Penutup
Guru
dan siswa menyimpulkan materi
Siswa
mengevaluasi kegiaatn yang dilaksanakan
Siswa
membuat laporan hasil kegiatan pameran
8. SUMBER, BAHAN
& ALAT BELAJAR
- Buku Seni Rupa kelas XII
- Media elektronik
- Ruang pameran
9. PENILAIAN
ü Prosedur Penilaian
-
Pretest
-
Tes dalam proses
-
Tes akhir
ü Jenis penilaian
-
Tes lisan
-
Tes perbuatan (desain karya yang dibuat)
ü Alat Penilaian
-
Proses pembuatan kerja:
ü Sikap :
Kesungguhan dalam berkarya/expersi
Memanfaatkan waktu
Saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya :
Kesesuaian bentuk dengan tugas yang diberikan
kaidah dalam berkarya
Kreatifitas
Brebes, 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad
Maskur S.,M.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :SMK
Nurul Huda Losari
Mata Pelajaran :
Pendidikan Seni Budaya
Kelas / Program :
XI /(TKJ)
Semester : 2
Alokasi Waktu :
6 X 45 (3 pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
2. KOMPETENSI DASAR
1.1. Mengidentifikasikan keunikan gagasan dan teknik
dalam karya seni rupa terapan daerah setempat dan Nusantara.
1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik
dalam karya seni rupa terapan Mancanegara.
3. INDIKATOR
– Pertemuan ke 1
4. Mendeskripsikan karya
seni rupa terhadap wawasan seni di Nusantara
3. Menganalisa
karya seni rupa terapan tradisional berdasarkan fungsi..
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
– Pertemuan ke 1
3. Siswa dapat menyebutkan
pengertian tentang seni dari salah satu pendapat para ahli.
4. Siswa dapat membedakan
antara seni murni dengan seni terapan.
– Pertemuan
ke 2
4. Siswa dapat
mengklasifikasikan karya seni rupa berdasarkan perkembangan sejarah.
5. Siswa dapat menyebutkan
bentuk peninggalan karya seni rupa pra–sejarah.
6. Siswa dapat menggambarkan
bentuk peninggalan karya seni rupa megalitik berdasarkan fungsinya
–
Pertemuan ke 3
4. Siswa dapat menyebutkan 3
ciri dari 5 sifat seni tradisi Nusantara.
5. Siswa dapat menyebutkan
motif geomitrik dalam ragam hias tradisi Nusantara.
5. MATERI PEMBELAJARAN
–
Pertemuan ke 1
3. Wawasan Seni Budaya.
4.
Pengertian Seni Rupa
: – sifat–sifat
dasar seni rupa.
– unsur–unsur seni rupa.
–
fungsi dan tujuan seni rupa.
–
cabang–cabang seni rupa.
6. Seni Terapan daerah
setempat.
– Pertemuan ke 2
1. Perkembangan Seni Rupa di
Nusantara.
a. Seni Budaya pra–sejarah.
b. Seni Budaya pengaruh Hindu–Budha.
c. Seni budaya pengaruh Islam.
d. Seni budaya pengaruh Barat.
2. Mendemontrasikan karya Seni
Budaya Tradisi Nusantara.
– Pertemuan ke 3
4.
Keanekaragaman Seni Rupa Tradisi Nusantara.
a.
Seni Arsitektur.
b.
Seni Kriya (kerajinan).
c.
Wayang.
5.
Ciri–ciri tradisi Nusantara.
6. Motif geometrik dari
ragam hias tradisi Nusantara.
6. METODE
PENGAJARAN
1. Ceramah bervariasi.
2. Pengamatan.
3. Demontrasi.
4. Penugasan.
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan.
– Mengabsen siswa.
– Mengadakan apersepsi/preetest.
d.
Kegiatan Inti
–
Guru menjelaskan materi pembelajaran melalui
metoda–metoda bervariasi, baik ceramah, tanya jawab maupun demontrasi serta
memberikan penugasan
–
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi yang
diajarkan.
–
Siswa menyimak dan menganalisa tentang materi yang
disampaikan.
–
Siswa membandingkan pengalaman estetisnya dengan materi
pelajaran yang disampaikan.
–
Siswa mendiskusikan tentang materi pelajaran yang
terkait.
–
Siswa mendemontrasikan berkarya seni sesuai dengan
kemampuan dan daya ciptanya.
e.
Penutup
–
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang
telah diajarkan.
–
Guru memberikan tugas–tugas dan ulangan harian.
8. SUMBER
BELAJAR
a. Buku Seni Rupa kelas X.
b. LKS.
c. Media Cetak.
d. Media Elektronik.
9. PENILAIAN
a. Prosedur Penilaian
– tes
awal
– tes dalam prosedur
– tes akhir
d. Jenis Penilaian
– tes lisan
– tes perbuatan (karya seni yang dibuat)
e.
Alat Penilaian
–
Proses pembuatan karya
ü Sikap
1.
kesungguhan dalam berkarya/expresi
2.
memanfaatkan waktu
3.
saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya
4.
kesesuaian bentuk dengan tugas yang diberikan
5.
pemanfaatan bahan dan alat yang digunakan
6.
kreatifitas
Brebes, 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad
Maskur S.,M.Pd.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1
Satuan Pendidikan :SMK
Nurul Huda Losari
Mata Pelajaran :
Pendidikan Seni Budaya
Kelas / Semester :
XI (TKJ)/ 2
Alokasi Waktu :
4 X 45 (2 pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
2. Mengapresiasi karya seni
rupa
2. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
modern / kontemporer
3. INDIKATOR
-
Pengertian seni rupa tradisional, modern dan kontemporer
-
Mengklasifikasikan karya seni rupa tradisional, modern dan
kontemporer
-
Menjelaskan proses perkembangan karya seni rupa modern
mancanega
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat membedakan
ciri-ciri seni tradisional, modern dan kontemporer
- Siswa dapat
menceritakan 2 faktor lahirnya Renaisance
- Siswa dapat
membuat laporan dari hasil analisis karya seni rupa Renaisance
5. MATERI PEMBELAJARAN
1.1 Seni Rupa Modern dan Kontemporer.
-
Pengertian seni tradisi, modern dan kontemporer
-
Ciri-ciri seni tradisi, modern dan kontemporer
-
Fungsi dan tujuan seni rupa modern
1.2 Perkembangan Seni Rupa Modern
-
Masa Renaisance
-
Masa Modern:
6. METODE
PENGAJARAN
- Ceramah berpariatif
- Demontrasi
- Penugasan
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan
-
Mengabsen siswa
-
Mengadakan apersepsi terhadap pelajaran yang akan
diajarkan
b. Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan materi melalui metode-metode bervariasi,
baik ceramah, tanya jawab maupun demontrasi serta memberikan penugasan
-
Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi yan
diajarkan
-
Siswa menganalisis tentang materi yang disampaikan
c. Penutup
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang
telah diajarkan
-
Guru memberikan tugas dan uji kompetensi
8. SUMBER, BAHAN
& ALAT BELAJAR
e.
Buku Seni Rupa kelas XII
f.
LKS
g.
Media elektronik dan media cetak
h. Reproduksi
9. PENILAIAN
ü Prosedur Penilaian
-
Pretest
-
Tes dalam proses
-
Tes akhir
ü Jenis penilaian
-
Tes lisan
-
Tes perbuatan (desain karya yang dibuat)
ü Alat Penilaian
-
Proses pembuatan kerja:
ü Sikap :
1.
Kesungguhan dalam berkarya/expersi
2.
Memanfaatkan waktu
3.
Saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya :
4.
Kesesuaian bentuk dengan tugas yang diberikan
5.
kaidah dalam berkarya
6.
Kreatifitas
Brebes, 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad
Maskur S.,M.Pd.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
2
Satuan Pendidikan :SMK
Nurul Huda Losari
Mata Pelajaran :
Pendidikan Seni Budaya
Kelas / Semester :
XI (TKJ)/ 2
Alokasi Waktu :
4 X 45 (2 pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
2.
Mengapresiasi karya seni rupa
2. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
modern / kontemporer
1.2 Menjelaskan perkembangan seni rupa modern /
kontemporer Mancanegara
3. INDIKATOR
-
Pengertian seni rupa tradisional, modern dan kontemporer
-
Mengklasifikasikan karya seni rupa tradisional, modern
dan kontemporer
-
Menjelaskan proses perkembangan karya seni rupa modern
mancanegara
-
Membuat laporan tertulis dari karya-karya seni modern
-
Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa modern /
kontemporer
-
Mengidentifikasi corak (aliran) seni rupa modern
mancanegara
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat
menceritakan 2 faktor lahirnya Renaisance
- Siswa dapat
menyebutkan 3 faktor lahirnya aliran dalam seni lukis
- Siswa dapat
membuat laporan dari hasil analisis karya seni rupa Renaisance
5. MATERI PEMBELAJARAN
1.2 Perkembangan Seni Rupa Modern
-
Masa Renaisance
-
Masa Modern:
ü Lahirnya aliran-aliran
seni lukis:
l.
Klasisisme
m.
Neoklasisisme
n.
Romantisme
o.
Impresionisme
p.
Realisme
q.
Ekspresionisme
r.
Kubisme
s.
Dadaisme
t.
Surealisme
u.
Pop art
ü Pengaruh seni rupa modern
ke Indonesia
6. METODE
PENGAJARAN
- Ceramah berpariatif
- Demontrasi
- Penugasan
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan
-
Mengabsen siswa
-
Mengadakan apersepsi terhadap pelajaran yang akan
diajarkan
b. Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan materi melalui metode-metode bervariasi,
baik ceramah, tanya jawab maupun demontrasi serta memberikan penugasan
-
Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi yan
diajarkan
-
Siswa menganalisis tentang materi yang disampaikan
-
Siswa membandingkan pengalaman estetisnya dengna materi
pembelajaran yang disampaikan
-
Siswa mendiskusikan dan membuat laporan tentang
karya-karya modern mancanegara
-
Siswa mendemontrasikan berkarya seni sesuai dengan
kemampuan dan daya ciptanya
c. Penutup
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang
telah diajarkan
-
Guru memberikan tugas dan uji kompetensi
8. SUMBER, BAHAN
& ALAT BELAJAR
i.
Buku Seni Rupa kelas XII
j.
Media elektronik dan media cetak
k. Reproduksi
9. PENILAIAN
ü Prosedur Penilaian
-
Pretest
-
Tes dalam proses
-
Tes akhir
ü Jenis penilaian
-
Tes lisan
-
Tes perbuatan (desain karya yang dibuat)
ü Alat Penilaian
-
Proses pembuatan kerja:
ü Sikap :
1.
Kesungguhan dalam berkarya/expersi
2.
Memanfaatkan waktu
3.
Saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya :
7.
Kesesuaian bentuk dengan tugas yang diberikan
8.
kaidah dalam berkarya
9.
Kreatifitas
Brebes, 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad
Maskur S.,M.Pd.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
3
Satuan Pendidikan :SMK
Nurul Huda Losari
Mata Pelajaran :
Pendidikan Seni Budaya
Kelas / Semester :
XI (TKJ)/ 2
Alokasi Waktu :
4 X 45 (2 pertemuan)
1. STANDAR KOMPETENSI
2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2. KOMPETENSI DASAR
2.1 Membuat karya seni rupa murni dan terapan
yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa modern
2.2 Menggambar teknik (mistar) / perspektif
lanjutan
3. INDIKATOR
-
Mengidentifikasi karya lukisan seni rupa modern
-
Membuat/berkarya lukisan sesuai dengan aliran-aliran seni
rupa modern
-
Mendisain karya seni rupa terapan modern
-
Berkarya seni rupa terapan yang dikembangkan dari beragam
unsur seni rupa
(Tambahan untuk IPA)
-
Menggambar teknik perspektif benda bersusun dan
arsitektur sederhana berdasarkan teknik 2 titik hilang beserta bayangannya
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa dapat menyebutkan ciri lukisan dari
setiap aliran seni rupa modern
-
Siswa dapat membuat lukisan dalam kanvas
sesuai dengan salah satu contoh teknik aliran seni rupa modern
-
Siswa dapat menentukan media, alat dan bahan
yang dapat ditemukan dilingkungannya
(Tambahan untuk IPA)
-
Siswa dapat menggambar seni bangun arsitektur
secara sederhana dengan menggunakan akidah perspektif 2 titik hilang
5. MATERI PEMBELAJARAN
-
Hasil seni rupa murni (lukisan/patung) modern mancanegara
-
Eksplorasi dan Eksperimentasi tentang alat dan bahan seni
murni
-
Mengenal bahan dan beberapa alternatif kegiatan berkarya
-
Disain karya/sketsa karya seni rupa murni dan terapan
-
Langkah-langkah membuat karya seni rupa murni/terapan
(Tambahan untuk IPA) menggambar perspektif
-
Menggambar teknik perspektif 2 titik hilang
a) Menentukan gambar titik
b) Menentukan gambar garis
c) Menentukan gambar bangun
d) Menggambar benda
arsitektur sederhana
6. METODE
PENGAJARAN
- Ceramah berpariatif
- Demontrasi
- Penugasan
7. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan
-
Mengabsen siswa
-
Mengadakan apersepsi terhadap pelajaran yang akan
diajarkan
b. Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan materi melalui metode-metode bervariasi,
baik ceramah, tanya jawab maupun demontrasi serta memberikan penugasan
-
Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi yan
diajarkan
-
Siswa menganalisis tentang materi yang disampaikan
-
Siswa membandingkan pengalaman estetisnya dengna materi
pembelajaran yang disampaikan
-
Guru dengan siswa sama-sama menentukan alat dan bahan
yang akan dipraktekan
-
Siswa mendemontrasikan berkarya seni sesuai dengan
kemampuan dan daya ciptanya
(Tambahan IPA)
-
Mengulang ingatan kembali tentang menentukan titik, garis
dan gambar bangun
-
Menggambar arsitektur bangunan sederhana
c. Penutup
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah diajarkan
Guru memberikan tugas dan uji kompetensi
8. SUMBER, BAHAN
& ALAT BELAJAR
- Buku Seni Rupa kelas XII
- LKS
- Media elektronik
(AutoCad)
9. PENILAIAN
ü Prosedur Penilaian
-
Pretest
-
Tes dalam proses
-
Tes akhir
ü Jenis penilaian
-
Tes lisan
-
Tes perbuatan (desain karya yang dibuat)
ü Alat Penilaian
-
Proses pembuatan kerja:
ü Sikap :
Kesungguhan dalam berkarya/expersi
Memanfaatkan waktu
Saling menghargai sesama teman
ü Hasil karya :
Kesesuaian bentuk dengan tugas yang diberikan
kaidah dalam berkarya
Kreatifitas
Brebes, 13 Juni 2017
Guru
Mata Pelajaran,
Ahmad
Maskur S.,M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar